Jumat, 15 Februari 2013

0 Lagu Yang Mirip Dengan Iwak Peyek

Sebagian nada lagu Iwak Peyek ternyata mirip dengan chorus lagu Take ‘Em All milik band Oi! punk lawas Inggris, Cock Sparrer Nada lagu Iwak Peyek yang serupa dengan chorus Take ‘Em All ada di bagian awal alias verse.

Lagu Iwak Peyek diciptakan Imron pada 2009 untuk kesebelasan kesayangannya, Persebaya Surabaya. Imron dikenal sebagai Bonek, pendukung Persebaya. "Inspirasinya saat kami ramai-ramai mendukung Persebaya saat laga play off di Stadion Siliwangi, Bandung," ujar Imron seperti dilansir dari Tempo, Kamis, 5 April 2012.

Sementara lagu Take ‘Em All masuk di album kedua Cock Sparrer, Shock Troops. Album ini dirilis pada 1983. Take ‘Em All menjadi lagu keempat dalam album itu.

Cock Sparrer merupakan band Oi! Punk asal Inggris yang terbentuk pada 1972. Mereka adalah salah satu band streetpunk paling berpengaruh yang mempopulerkan subgenre Oi!. Band yang digawangi Colin McFaull pada vokal, Mick Beaufoy pada gitar, Steve Burgess pada bas, dan Steve Bruce pada drum ini telah memuntahkan tujuh album studio.

Nada chorus Take ‘Em All yang mirip dengan lagu Iwak Peyek berlirik, “Take 'em all, take 'em all/ Put 'em up against a wall and shoot 'em/Short and tall, watch 'em fall/Come on boys take 'em all.” Take ‘Em All bercerita soal masyarakat kelas pekerja Inggris yang harus banting tulang, sementara warga Amerika Serikat hidup mewah di Inggris.

Lirik Iwak Peyek yang nadanya serupa dengan chorus Take ‘Em All berbunyi, “Iwak peyek, Iwak peyek/ Iwak peyek sego Jagong/ Sampek elek, Sampek tuwek/ Sampek matek, Tetap didukung.”(tempo)

0 komentar:

Posting Komentar